Selasa, 02 Agustus 2011

KEGIATAN SANTRI AL-KKHOIROT DI BULAN RAMADAN


Pada bulan Ramadan kali ini, para santri masih aktif melakukan kegiatan-kegiatan seperti biasanya, namun khusus pada bulan Ramadan kali ini ada sedikit perubahan dari jadwal biasanya semua itu telah  ditentukan dalam musyawarah oleh para pengurus mulai dari shalat shubuh hingga setelah shalat tarawih.

Mulai dari awal bulan Ramadan kemarin setelah shalat shubuh para santri mengikuti  pengajian cara menerjemah bahasa arab modern yang diisi langsung oleh Ky H. Humaidi Syuhud sanpai pukul 06.00 WIB. Setelah itu tidak ada kegiatan sampai shalat dzuhur karena kegiatan sekolah formal belum dimulai dan akan dimulai pada hari juga. Setelah shalat dzuhur sekitar jam 14.00 WIB. Semua santri mengikuti pengajian yang diisi oleh Ky H. Ja’far Shodiq Syuhud yaitu pengajian kitab Minhaju Attholibin hingga pukul 16.30. setelah itu para santri istirahat sampai pukul 17.00 setelah itu diteruskan dengan pembacaan shalawat hingga adzan magrib. Setelah itu semua santri menyantap makanan untuk berbuka bersama.


Setelah shalat magrib yang biasanya para santri melakukan kegiatan tadarrus atau tartil, namun pada bulan ramadan kali ini setelah shalat magrib tidak ada kegiatan hanya saja persiapan untuk shalat Isya’ dan shalat tarawih. Setelah shalat tarawih ada lagi kegiatan yang harus dilakukan oleh para santri yaitu pembacaan Al-Qur’an yang di bimbing oleh para asatidz dengan tujuan ketika santri pulang nanti pembacaan Al-Qur’annya lebih lancar, namun para santri yang lancar mebacanya langsung mengikuti kegiatan tadarrus oleh para asatidz di dalam masjid.

Setelah kegiatan pembacaan Al-Qur’an selesai sekitar pukul 20.30 yaitu  istirahat sekitar 15 menit terus para santri langsung mengikuti kegiatan sekolah madin hingga pukul 21.15 WIB. Setelah istirahat sekitar 40 menit semua santri diwajibkan tidur hingga pukul 03.00. setelah itu semua santri bangun semua untuk melakukan sahur bersama-sama.

Itulah kegiatan santri Al-Khoirot pada bulan Ramadan kali ini yang akan dilakukan hingga waktunya liburan nanti. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar